Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Strategi Menentukan Lokasi Tempat Usaha Strategis

Lokasi Tempat Usaha Strategis - Menentukan lokasi usaha yang tepat merupakan salah satu poin penting dalam memulai suatu bisnis.

Dalam hal ini wajib harus diperhatikan dengan detail untuk meningkatkan penjualan atau omset, entah itu perhari atau setiap bulannya.

Memang kebanyakan seseorang dalam membuka suatu usaha kurang memperhatikan lokasi, ini bisa kita lihat masih ada yang membuat sebuah toko tanpa memeperhatikan lingkungan sekitar.

Contohnya saja anda membuka warung sate ayam, nah padahal disekitarnya terdapat juga warung sate.

Ini menurut saya kurang efisien, jadi kemungkinan potensi penghasilan anda akan dibagi dengan warung sate yang lain.

Kondisi seperti ini banyak terjadi di kota tempat saya tinggal.

Dari contoh yang saya sebutkan diatas, jangan heran kalo kita mau kerja sama bisnis atau biasa disebut franchise mensyaratkan untuk minimal jarak dari franchise 1 ke yang lain minimal 2 km.

Misalnya saja anda mau kerja sama bisnis (franchise) milshake, pasti si owner akan menanyakan atau memberitahu pastikan minimal jarak 2 km dari franchise milshake kami yang lain.

Ini dimaksudkan agar mendapat potensi sales yang besar di keduanya, sehingga pihak franchise dan owner sama-sama memperoleh keuntungan yang besar.

Sedikit urain yang saya berikan diatas, menunjukan lokasi usaha itu sangat menentukan keberhasilan dan potensi penjual dalam bisnis yang akan anda mulai. Jadi simak dulu 6 strategi dibawah ini :

menentukan lokasi tempat usaha strategis
Lokasi Usaha Strategis

6 Strategi Jitu Menentukan Lokasi Tempat Usaha Strategis

1. Kepadatan Penduduk Sekitar

Kepadatan atau jumlah keluarga yang tinggal di suatu daerah merupakan potensi sekali untuk menigkatkan bisnis atau usaha anda. 

Jumlah penduduk berbanding lurus dengan hasil penjualan, apalagi dilokasi masih minim yang membuka usaha, sangat dipastikan lokasi tersebut sudah memiliki potensial penjualan yang tinggi.

2. Akses Lalu Lintas

Akses lalu lintas ini harus sangat diperhatikan.

Apakah anda sudah memilih lokasi usaha yang mudah di akses oleh calon buyer anda? Jika belum sangat dipastikan usaha anda akan terhambat.

Hindari di sebuah pinggir jalan satu jalur dan jalan yang sering terjadi kemacetan.

3. Penampilan dan Kondisi

Sangat pasti sekali penampilan dan kondisi ini sangat berpengaruh.

Misalnya ada 2 toko yang satu lingkungannya bersih, sedangkan yang satunya kotor dan tidak enak dipandang.

Ehmmm kira-kira customer akan memilih yang mana? Anda pasti tahu jawabannya.

4. Kompetitor

Kompetitor yang saya maksud disini adalah jumlah persaingan yang menjual atau yang membuka usaha seperti anda, seperti yang sudah saya contohkan diatas.

5. Keamanan

Keamanan dalam membuka suatu usaha juga sangat penting untuk diperhatikan.

Dimanapun keamanan adalah yang nomer satu karena behubungan dengan nyawa anda dan kelancaran bisnis anda.

6. Penghasilan Penduduk

Untuk yang terakhir ini adalah penghasilan atau pendapatan penduduk per kepala keluarga.

Jika disuatu daerah dengan tingkat penganguran yang tinggi, itu tidak cocok untuk dijadikan tempat usaha.

Silahkan mencari lokasi yang dimana di daerah itu minimal semua kepala keluarga memperoleh pengahasilan setiap bulannya.

Dari 6 uraian yang saya sebutkan diatas, maka saya anjurkan untuk mensurvey terlebih dahulu lokasi yang akan dijadikan usaha, karena itu sangat menentukan kesuksesan usaha anda.

Itulah artikel tentang 6 Strategi Menentukan Lokasi Tempat Usaha Strategis, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "6 Strategi Menentukan Lokasi Tempat Usaha Strategis"